MEMILIH ADVOKAT YANG KREDIBEL

Memilih seorang Advokat yang kredibel adalah langkah penting untuk memastikan bahwa perusahaan atau individu Anda mendapatkan bantuan dan pendampingan hukum yang berkualitas. Berikut adalah beberapa panduan diantaranya untuk memilih pengacara yang kredibel:

  • Pendidikan dan Lisensi
    Pastikan Advokat memiliki gelar hukum dari sekolah hukum yang diakui. Periksa apakah Advokat tersebut memiliki lisensi yang sah dan berada dalam keadaan baik di yurisdiksi tempat mereka berpraktik.
  • Spesialisasi dan Pengalaman
    Pilih Advokat yang memiliki pengalaman dalam bidang hukum yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bisa juga tanyakan tentang kasus serupa yang pernah mereka tangani dan hasilnya.
  • Reputasi
    Periksa reputasi Advokat dengan cara mencari ulasan online, referensi dari klien sebelumnya, atau rekomendasi dari kolega bisnis atau teman. Periksa apakah ada keluhan etika atau disiplin di rekam jejak pengacara tersebut.
  • Keanggotaan dalam Organisasi Hukum
    Keanggotaan dalam organisasi hukum yang terkemuka dapat menjadi indikator komitmen pengacara terhadap etika dan standar profesional tertinggi. Tanyakan menjadi anggota di organisasi Advokat mana  (kalau perlu minta ditunjukkan KTA – Kartu Tanda Anggotanya).
    Bila diperlukan, untuk menangani permasalahan hukum yang relative komplek, tidak ada salahnya untuk menanyakan atau meminta copy KTA dan copy BAS – Berita Acara Sumpah oleh Pengadilan Tinggi dari Advokat bersangkutan.
  • Ketersediaan dan Keterlibatan
    Pastikan bahwa Advokat bersedia mendengarkan dan memahami kebutuhan Anda. Tinjau ketersediaan Advokat untuk memberikan waktu dan perhatian yang cukup kepada kasus Anda.
  • Biaya dan Struktur Pembayaran
    Diskusikan biaya jasa Advokat dan struktur pembayaran sejak awal. Mintalah perjanjian tertulis tentang biaya dan rinciannya.
  • Komunikasi yang Efektif
    Pilih Advokat yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik, termasuk kemampuan untuk menjelaskan masalah hukum secara jelas dan memahami kebutuhan Anda.
  • Jaringan dan Sumber Daya
    Pertimbangkan apakah Advokat memiliki akses ke jaringan dan sumber daya yang dapat mendukung kasus Anda, seperti ahli forensik, spesialis pajak, atau investigator swasta.
  • Kemampuan Negosiasi
    Pertimbangkan kemampuan negosiasi Advokat, terutama jika kasus Anda melibatkan perundingan atau penyelesaian di luar pengadilan.
  • Kejelasan Dokumen Hukum
    Pastikan bahwa Advokat mampu menyusun dokumen hukum dengan jelas dan akurat.
  • Kemampuan Beradaptasi
    Pilih Advokat yang mampu beradaptasi dengan perubahan situasi hukum dan strategi yang diperlukan.

Selain itu, selalu baik untuk menjadwalkan pertemuan langsung dengan Advokat yang dipilih sebelum membuat keputusan akhir. Wawancara ini dapat membantu Anda menilai kenyamanan Anda bekerja bersama mereka dan memastikan bahwa Advokat tersebut memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan harapan Anda

tulisan ini dimaksudkan untuk ikut serta mengedukasi masyarakat awam
dalam bidang hukum secara umum.

About lawyershouseblog

JANTJE & ASSOCIATES or known as J&A is an Indonesian Law Firm in affiliation with national and international law firms – provides the service to national and international companies, as a litigation and/or non-litigation Commercial and Business Lawyer. J&A works with several caliber partners, associates, and lawyers involved either in practical and academic, supported by associates with expertise in management, economic, finance, marketing and human resources – make all approach of J&A more comprehensive in providing services to individual and business societies. J&A is progressing steadily towards achieving its dream of offering practical law and legal services to those most in need. We dream watching our country grows, building solid foundations that will lead to a future of justice and peace for everyone.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.